Kamis, 12 Mei 2016

CARA APLIKASI TANGGUH PROBIOTIK UNTUK PEMBUATAN PAKAN FERMENTASI





APLIKASI TANGGUH PREBIOTIK PADA PEMBUATAN PAKAN FERMENTASI
Salah satu upaya untuk peningkatan hasil ternak adalah dengan memberikan fermentasi pakan. Pada artikel tersebut akan kami ulas cara pemggunaan produk Nasa Probiotik Tangguh dan Viterna untuk pembuatan pakan dengan fermentasi. Selain kualitas pakan yang baik, cara tersebut juga sangat di kenal sebagai sarana alternatif yang cukup efektif mempercepat pertumbuhan ternak, terutama pada musim kemarau. Karena kemungkinan besar pada saat kemarau suplai makanan hijau pada ternak sedikit benyak berkurang dan di harapkan dengan adanya fermentasi pakan ternak tersebut akan menutup kekurangan makanan pada ternak.
Proses fermentasi pakan tersebut memanfaatkan bakteri Starbio yang mana digabungkan dengan berbagai limbah seperti jerami, gedebog, rumput kering, ampas kacang dan lain-lain untuk di jadikan sebagai bahan makanan utama ternak. Beberapa kelebihan pada penggunaan Probiotik Tangguh untuk pembuatan pakan fermentasi antara lain :
Akan memperbaiki sistem pencernaan pada ternak
Dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pada ternak yang memproduksi susu
Peningkatan bobot ternak yang pesat, sehingga ternak akan menjadi gemuk dan sehat
Nafsu ternak makan bertambah
Selain memberikan nafsu makan dan bobot yang tinggi, pemberian pakan fermentasi tersebut juga menutunkan kadar kolesterol pada ternak, serta meningkatkan kekebalan tubuh ternak
Pakan hasil fermentasi dengan VITERNA dan Tangguh Probiotik Nasa juga akan mengurangi bau kotoran hewan ternak
Proses fermentasi pakan ternak tersebut saat ini menjadi fenomenal karena memberikan kebaikan yang dirasakan oleh peternak, baik untuk ternak kambing, sapi, domba, kelinci, babi dan lain-lain. Mungkin banyak sebagian masyarakat yang mengenal fermentasi tersebut sebagai proses pembuatan minuman suplemen saja. Ternyata tidak, proses fermentasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk alternatif pembuatan pakan ternak yang berkuailtas tinggi. Disamping pembuatannya yang sangat sederhana, pembuatan pakan dengan cara fermentasi ini juga menghemat waktu dan biaya, karena peternak tidak lagi di sibukkan dengan Angon (menggembala) atau Ngarit (mencari rumput).
Untuk lebih lengkap informasi mengenai Manfaat dari Pakan Fermentasi tersebut, kami akan memberikan contoh pembuatan pakan Fermentasi menggunakan produk Nasa dengan memanfaatkan gedebok pisang (batang pisang), langkah dan cara membuat pakan fermentasi tersebut adalah sebagai berikut,
Pembuatan 1 kwintal Pakan Fermentasi :
Persiapkan Drum untuk media penampung pembuatan pakan
Sediakan Produk Nasa:
Viterna dan Probiotik Tangguh
Sediakan Air 10 - 15 liter
Sediakan 1 kilogram garam (garam biasa untuk memasak)
Sediakan gula pasir 250 gram
Bekatul / dedak 10 kilogram
Langkah selanjutnya adalah memotong / mencacah gedebok pisang yang telah dipersiapkan sebelumnya, tehnik memotong sesuai selera tidak ada ukuran tertentu, yang penting potongan tersebut nantinya nyaman untuk dimakan oleh hewan ternak.
Taburkan bekatul atau dedak tadi (10 kg) ke cacahan gedebok pisang tersebut dan aduk hingga merata. Setelah bekatul tercampur merata, biarkan sejenak dan kita akan persiapkan langkah selanjutnya.
Persiapkan Produk Nasa, Gula pasir dan Garam:
2 Tutup Probiotik Tangguh
4 Tutup Viterna
1 Kilogram Garam dapur
250 gram Gula Pasir
Lalu masukkan ke dalam air yang telah di sediakan tadi (10 - 15 liter) dan aduk selama kurang lebih 5 menit (biar tercampur secara merata), lalu siramkan ke gedebok pisang yang telah kita campur bekatul tadi, aduk hingga merata.
Pakan hasil Fermentasi siap untuk di berikan pada ternak.
Catatan:
Jika sebelumnya ternak belum pernah di berikan produk Nasa, agar ternak ber-selera memakan pakan hasil fermentasi tersebut, ada baiknya sebelum di berikan pakan fermentasi ternak di berikan Viterna dengan Dosis 2 cc per ekor. Cara pemberian bisa dengan menggunakan spet (suntikan ternak tapi di ambil jarumnya) lalu sedot Viterna sebanyak 2 cc dan masukan ke mulut ternak agar terminum habis.

0 komentar:

Posting Komentar